Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
   adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang mempunyai percepatan tetap. Maksudnya adalah, kecepatan gerakan benda ini berubah atau tidak konstan. Dengan kata lain (bisa bertambah cepat atau bertambah lambat), tapi secara teratur.

 Jadi saya perjelas kembali pada materi GLBB ini kecepatan yang dialami oleh suatu benda itu tidak konstan(karena kecepatannya pasti akan berubah setelah dipercepat ataupun diperlambat), yang konstan dinsini adalah percepatan yang dialami oleh benda. Maksudnya benda tersebut akan secara konstan mengalami percepatan atau jika bukan mengalami percepatan, benda tersebut akan secara konstan mengalami perlambatan.

Rumus GLBB :



Keterangan:










Contoh soal 
1. Percepatan yang dialami oleh sebuah
    benda yang awalnya diam, kemudian 
    dalam waktu 4s dapat menempuh jarak
    80m adalah......?

    Jawab :       


Penyelesaian :



Mungkin ada diantara teman - teman bertanya, bagai mana hasilnya bisa memiliki satuan m/s pangkat 2?, Jawabannya adalah angka 80(itu merupakan jarak benda, jarak satuannya adalah m, kemudian kita bagi dengan 8s pangkat dua, sebab itulah hasil akhirnya adalah m/s pangkat dua.

Sekian  dan terima kasih, semoga bisa membatu teman - teman, dan untuk contoh soal lain saya akan segera update lengkap dengan pembahasannya..




Comments

Popular posts from this blog

Seputar hukum gravitasi newton (konsep, rumus dan contoh soal)

Gerak parabola