Seputar hukum gravitasi newton (konsep, rumus dan contoh soal)

Hukum gravitasi Newton

Hukum gravitasi Newton adalah kesimpulan Newton bahwa gaya tarik gravitasi yang bekerja antara dua benda sebanding dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda.

Gravitasi bumi merupakan salah satu ciri bumi, yaitu benda-benda ditarik ke arah pusat bumi. Gaya tarik bumi terhadap benda-benda ini dinamakan gaya gravitasi bumi.

Besar gaya tarik-menarik ini berbanding lurus dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya.

Rumus umum gaya gravitasi


  • F adalah besarnya gaya gravitasi antara dua massa tersebut,
  • G adalah konstanta gravitasi,
  • m1 adalah massa dari benda pertama
  • m2 adalah massa dari benda kedua, dan
  • r adalah jarak antara dua massa tersebut.
Teori ini kemudian dikembangkan lebih jauh lagi bahwa setiap benda angkasa akan saling tarik-menarik, dan ini bisa dijelaskan mengapa bumi harus berputar mengelilingi matahari mengimbangi gaya tarik-menarik gravitasi bumi-matahari. Dengan menggunakan fenomena tarik menarik gravitasi ini juga, meteor yang mendekat ke bumi dalam perjalanannya di ruang angkasa akan tertarik jatuh ke bumi.

Contoh soal

Berapa besar gaya gravitasi antara seorang siswa bermassa 40 kg dengan seorang siswi bermassa 30 kg yang berjarak 2 meter ? konstanta gravitasi umum = 6,67 x 10-11 N m2 / kg2

Jawab

Diketahui :
m1 = 40 kg,                                                        m2 = 30 kg,                                                            r    = 2 m,.                                                                  G = 6,67 x 10-11 N
Ditanya : besar gaya gravitasi (F) ?

Penyelesaian


Jadi, besar gaya gravitasi atau F adalah        2 x 10-8 Newton.



Comments

Popular posts from this blog

Gerak parabola