Gerak lurus beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan (GLB)
   Adalah gerak lurus suatu objek, di mana dalam gerak ini kecepatannya tetap dikarenakan tidak adanya percepatan atau perlambatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.
s = jarak tempuh (m) v = kecepatan (m/s)

Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Jenis gerak ini disebut juga gerak translasi yang menghubungkan antar besaran - besaran jarak, waktu, dan kecepatan. Gerak lurus ini hanya terjadi pada satu dimensi saja, dimana arah gerak benda selalu konstan/tetap.

Rumus GLB :

    S = v × t

Dimana :
S = jarak (m)
V = kecepatan (m/s)
t = waktu (s)

Contoh soal
1. Sebuah mobil bergerak di lintasan lurus dengan kecepatan 80km/jam. Jika diketahui waktu yang diperlukan mobil untuk sampai ke tempat tujuan adalah 90 menit, berapakah km kah jarak yang ditempuh mobil tersebut?

Jawab

Dik :
         V = 80km/jam
         t = 90 menit

Ditanyakan :
        S = .......?

Penyelesaian
       
        Pertama kita tahu bahwa dalam satu jam mobil tersebut akan menempuh jarak sejauh 80km, karena di soal diketahui kecepatan mobil tersebut yaitu 80km/jam (atau 80km tiap jam), kemudian kita tahu bahwa waktu yang diperlukan mobil tersebut untuk mencapai tempat tujuannya adalah 90 menit. bukankah 90 menit sama artinya dengan (60 menit + 30 menit), jika 1jam    = 60 menit, maka 
0,5jam = 30 menit.

Jadi  90 menit = 1,5 jam

Sekarang kita cari jarak yang ditempuh oleh mobil menggunakan rumus GLB


   S = v × t

   S = 80 × 1,5
      = 120km

  Pembuktian apakah jawaban di atas sudah benar atau tidak
Cukup ubah sedikit soalnya yaitu jika

Dik:
        S = 120km
        t = 1,5
Dit:
        v = ....?

Penyelesaian

V = s/t
   = 120 : 1,5
   = 80km/jam

Itu telah membuktikan bahwa dengan jarak 120km dan waktu 1,5jam kita membutuhkan kecepatan 80km/jam, artinya kecepatan 80km/jam dengan waktu tempuh 1,5jam berhasil membuktikan jarak yang di tempuh adalah sebesar 120km.


Terimakasih dan semoga bisa membantu kawan - kawan sekalian, jika ada tugas atau PR yang ingin di diskusikan silahkan diskusikan di bagian diskusi pelajaran


     


Comments

Popular posts from this blog

Seputar hukum gravitasi newton (konsep, rumus dan contoh soal)

Gerak parabola