Rangkuman seputar hukum NEWTON I, II, III

 Fisika Seputar Hukum-Hukum NEWTON

Hukum Newton dibagi menjadi 3, yaitu:
1. Hukum Newton 1 

     Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap.
         

Maksudnya jumlah gaya yang bekerja adalah sama dengan nol (0), yang mula-mula diam akan tetap diam, sedangkan yang bergerak akan tetap bergerak tanpa mengalami percepatan atau perlambatan.


2. Hukum Newton 2

    Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya.



Maksudnya, jumlah gaya yang bekerja adalah massa benda(kg) yang dikalikan dengan percepatan yang dialami benda tersebut(m/s^2)
Keterangan :



3. Hukum Newton 3

  Jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan. (Terkhusus untuk hukum Newton 3, ada tiga pula gaya yang dibahas dalam hukum ini, yaitu gaya gesek, gaya berat dan gaya sejenis.

    a. Gaya gesek
         Adalah gaya yang timbul akibat gesekan, rumus umumnya adalah:



      b. Gaya berat
           Adalah gaya yang timbul akibat dari massa benda yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi, semakin besar massa benda yang dipengaruhi oleh gravitasi bumi, maka semakin besar pula gaya berat dari benda tersebut. 
Rumus umumnya adalah :

keterangan :



         c. Gaya sejenis
Rumus umum :

keterangan :

 
Setelah kalian memahami betul maksud dari ketiga hukum Newton di atas tadi, maka dalam penerapannya tidak akan menjadi hal yang sulit, sebagai contoh :


di sini kita lihat ada gambar sebuah balok yang di gantung dengan menggunakan seutas tali, pertanyaannya adalah berapakah jumlah/total/keseluruhan gaya yang bekerja pada gambar tersebut?

Penyelesaian :

Pertama kita ingat inti dari pertanyaannya adalah berapa jumlah gaya yang bekerja?
Ingat bahwa jumlah disimbolkan dengan zigma 

 kemudian perhatikan soalnya, yang diketahui selanjutnya adalah gaya apa saja yang bekerja?. Kita lihat soal yang di atas ada dua simbol yaitu (T) dan (W)  
(T) = tegangan tali
(W) = gaya berat yang dialami oleh benda tersebut, mengapa tegangan pada tali dianggap salah satu gaya, jawabannya adalah, jika tali tidak mengalami gaya apapun, pasti benda tersebut akan terus jatuh, bukannya tergantung seperti pada gambar di atas. Artinya ada gaya yang bekerja pada tali.
Kenapa (T) dikurangi dengan (w)?  Jawabannya karena (w) atau gaya berat benda itu berusaha untuk jatuh  sedangkan (T) atau gaya pada tegangan tali berusaha untuk menahan agar (w) tidak jatuh, dengan kata lain mereka saling bertolak belakang seperti kutub positif dan kutub negativ artinya merka hanya dapat di tambah apabila keduanya searah ( apabila sama - sama naik atau sama - sama mengarah turun)
Kesimpulannya adalah gaya yang dialami oleh tali atau besarnya tegangan yang dialami tali tersebut akan sama dengan gaya berat dari benda  yang ditahannya.

Bukankah hukum Newton satu berbunyi benda yang bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap tanpa mengalami percepatan atau perlambatan dan benda yang (diam akan tetap diam).

Yang diam akan tetap diam seperti konsep benda yang digantung pada tali tadi, dia tidak akan jatuh tidak pula akan semakin naik, melainkan akan tetap, karena jumlah gaya yang bekerja sama besar
 jadi efeknya sama dengan nol (0) tidak bergerak sama sekali benda yang mula - mula diam akan tetap diam.

Mohon maaf kalau penjelasannya terlalu bertele - tele , saya hanya ingin agar kawan2 sekalian bisa benar2 faham hubungan antara rumus, konsep nyata dan teorinya , semoga artikel ini bisa membantu.
Terima kasih dan semoga bermanfaat......




Comments

Popular posts from this blog

Seputar hukum gravitasi newton (konsep, rumus dan contoh soal)

Gerak parabola